Pelantikan Ormawa oleh Rektor UNIMUGO Dr. Herniyatun, M.Kep.,Sp, Mat. Foto: Dok.Humas UNIMUGO

Unimugo Gombong – Universitas Muhammadiyah Gombong (UNIMUGO) Perguruan Tinggi Muhammadiyah yang berada di Kecamatan Gombong, Kabupaten Gombong mengembangkan potensi non akademik mahasiswa melalui Organisasi Kemahasiswaan (Ormawa). UNIMUGO menggelar pelantikan Pengurus Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM), Organisasi Otonom Muhammadiyah (ORTOM), Ikatan Keluarga Mahasiswa (IKM) dan Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) pada hari Kamis, 23 Februari 2023 di Auditorium Gedung Rektorat.

UNIMUGO berkomitmen untuk memberikan ruang kepada mahasiswa untuk mengembangkan diri, kemampuan akademik dan non akademik bisa berjalan seiringan. Melalui Organisasi Kemahasiswaan inilah mahasiswa bisa mengeksplor kepiawaian dalam berorganisasi.

Kampus akan terus mendukung kegiatan-kegiatan mahasiswa dalam berorganisasi dengan membuat program kerja dimana program kerja tersebut diselaraskan dengan tema pelantikan kali ini “Optimalisasi Peran Ormawa Demi Mewujudkan Pemimpin Yang Berkarakter dan Karismatik”.

Akmal Nasir Mahasiswa Tingkat 2 Prodi Teknik Industri Program Sarjana selaku ketua panitia mengatakan bahwa tujuan kegiatan ini yaitu regenerasi pengurus BEM, ORTOM, IKM & UKM Universitas Muhammadiyah Gombong Tahun 2023, mempererat tali silaturahmi antar organisasi, mengkoordinasikan setiap program kerja BEM, ORTOM, IKM & UKM Universitas Muhammadiyah Gombong.

Adapun organisasi yang dilantik terdiri dari Anggota BEM 30 Mahasiswa, IMM 70 Mahasiswa, PERHIMAKS  42 Mahasiswa, SENI BUDAYA 22 Mahasiswa, FORMAKIPK  25 Mahasiswa, KSR 59 Mahasiswa, MSA 23 Mahasiswa, IKM D3 Keperawatan 37 Mahasiswa, HIMAFARSI  41 Mahasiswa, HIMAHUM 40 Mahasiswa, OLAHRAGA 18 Mahasiswa, FORBAS 63 Mahasiswa, PIK 26 Mahasiswa, MAPALA 25 Mahasiswa, KWU 25 Mahasiswa, HW 15 Mahasiswa, HMTI 19 Mahasiswa, HIMASBI 32 Mahasiswa dan Tapak Suci   15 mahasiswa.

Ketua panitia menyampaikan terimakasih kepada semua pihak yang telah memberikan bantuan dan dukungan penuh sehingga kegiatan Pelantikan BEM, ORTOM, IKM & UKM Universitas Muhammadiyah Gombong Periode 2022/2023 sehingga dapat terlaksana dengan baik. ‘Saya atas nama panitia mohon maaf atas segala kekurangan semoga kami dapat memperbaiki kekurangan dikemudian hari. Harapanya untuk teman – teman pengurus baru semoga bisa menjalankan tanggung jawab menjadi pengurus BEM, ORTOM, IKM & UKM dengan baik dan dapat bergerak bersama demi kemajuan organisasi Universitas Muhammadiyah Gombong’, tutupnya.

Kampus merupakan wadah organisasi yang dapat kita ambil hal baiknya untuk mengeluarkan gagasan – gagasan kita sebagai mahasiswa yang siap berperan untuk mengorientasikan dan mengemukakan berpendapat, UNIMUGO kampus yang sudah mengikuti perkembangan era, dimana era sekarang mahasiswa diberikan kesempatan untuk membuat program kerja yang mempunyai peran dan fungsi dari masing-masing organisasi tersebut, ujar Hilmi N. Ketua Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Periode 2022 – 2023.

Kami mewakili dari BEM UNIMUGO tahun 2022 mengucapkan selamat kepada seluruh pengurus IKM, UKM dan ORTOM periode 2023-2024, semoga program kerja yang disusun nantinya akan memberikan manfaat baik untuk organisasi pada khususnya dan UNIMUGO pada umumnya. Kami juga menyampaikan terimakasih kepada Rektor, segenap jajaran pimpinan dan seluruh karyawan UNIMUGO yang telah mensupport kami selama periode ini. ‘Kami mohon maaf atas segala kesalahan dalam berorganisasi’,tutupnya.

Sejak menjadi anggota organisasi pada tahun 2021 saya sadar bahwa menjadi anggota BEM bukanlah hal yang mudah. Namun hati ini tergerak bahwa kami mahasiswa ingin berorganisasi agar dapat menambah khasanah keilmuan, ujar Yesika Mahasiswi Prodi Keperawatan Sarjana Ketua BEM tahun 2023-2024 asal Palembang tersebut.

Menurutnya, organisasi tidak hanya sekedar menjalankan roda organisasi atau program kerja yang sudah disusun tinggal dijalankan. Melainkan beban Amanah yang kita emban untuk memberikan manfaat adanya organisasi tersebut. ‘Saya menyadari bahwa dalam berorganisasi tentunya sering terjadi perbedaan pendapat, tegurlah saya apabila ada yang kurang pas’, tegasnya

Sarwono,M.Kes Wakil Rektor III Bidang Kemahasiswaan, Alumni dan Al Islam Kemuhammadiyahan mewakili Rektor UNIMUGO Dr. Herniyatun, M.Kep.,Sp,Mat pada kesempatan tersebut menyampaikan terima kasih yang setinggi – tingginya kepada seluruh pimpinan organisasi, baik BEM, Ortom, IKM dan UKM yang telah bekerja keras pada tahun 2021 – 2022. Semuanya itu membawa dampak kepada pribadi dan masyarakat yang pada umumnya. Sarwono, M.Kes juga menyapaikan selamat kepada pengurus organisasi mahasiswa periode 2022 – 2023 dan kepada pembimbing yang telah ditetapkan melalui SK Rektor dan mengharapkan kedepannya menjadikan UNIMUGO lebih berprestasi sesuai dengan tema kali ini “Optimalisasi Peran Ormawa Demi Mewujudkan Pemimpin Yang Berkarakter dan Karismatik”.

‘Merujuk pada Pedoman Hidup Islami Warga Muhammadiyah (PHIWM) bahwa pemimpin kader – kader Muhammadiyah menjadi pemimpin diri sebaik – baiknya, menjadi uswah suri tauladan yang baik, sehingga karakternya terbentuk karakter akhlakul karimah’, tutupnya

Karakter Building “Sadar Organisasi”

Guest Star : Yordan Gunawan (Ka.ASKUI PTMA) Foto: Dok.Humas UNIMUGO

Rangkaian pelantikan Ormawa UNIMUGO menghadirkan narasumber Yordan Gunawan Ketua Asosiasi Kantor Urusan Internasional Perguruan Tinggi Muhammadiyah ‘Aisyiyah (PTMA) yang akan menyampaikan materi dengan tema “Optimalisasi Peran Ormawa Demi Mewujudkan Pemimpin Yang Berkarakter Dan Karismatik”.

‘Islam itu mengajarkan rahmatan lil ngalamin (teladan) seperti tadi yang disampaikan oleh Wakil Rektor III, namun tidak hanya sampai situ saja, bahwa Islam itu ya role model nyata’, ujar Yordan.